Tips Merencanakan Punya Rumah Bagi Pengantin Baru

27/03/2019, 0 Comments

Tips Merencanakan Punya Rumah Bagi Pengantin Baru

Pada umumnya, pengantin baru merupakan sebuah fase awal rumah tangga. Sudah dapat dipastikan bahwa keadaan tersebut termasuk dalam kondisi “membangun”. Dalam hal ini, definisi membangun mencakup lingkung yang amat luas. Salah satu definisinya adalah memiliki sebuah rumah impian. Hal tersebut bertujuan sebagai penunjang keberlangsungan hidup nantinya.

Seperti yang telah diketahui bahwa tidak semua pengantin baru memiliki fasilitas berkecukupan. Itulah yang menyebabkan mengapa membeli rumah terasa sangat sulit untuk diraih. Namun, hal demikian bukanlah sesuatu yang harus ditakuti karena setiap masalah akan mendapatkan solusi. Untuk memudahkan Anda dalam mewujudkan impian bersama pasangan, lakukanlah hal berikut ini!

 

 

 

  1. Komunikasikan Segala Sesuatu Terkait Rencana Masa Depan Secara Bersama

Perencanaan membeli rumah sebaiknya dikomunikasikan berdua. Hal tersebut dapat dimulai dari mengantisipasi pengeluaran, target masa depan, proporsi pemasukan, hingga jenis pembayaran rumah yang akan ditempuh nantinya. Jangan sampai niat dan perencanaan masa depan hanya dilakukan oleh sebelah pihak.

  1. Tabungan!

Pada umumnya, pengantin baru cenderung lebih memikirkan masa yang tengah dihadapi saat ini. Hal tersebut disebabkan oleh  beban hidup yang masih stabil, sehingga membuat tabungan seakan menjadi hal yang terlupakan. Agar Anda dan pasangan dapat menabung secara rutin, ingatlah bahwa Anda dan pasangan harus memiliki tujuan hidup yang jelas.

  1. Netralkan Gaya Hidup

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan saat ini lebih mengutamakan gaya hidup dibandingkan kepentingan masa depan. Dibandingkan properti, menyenangkan pasangan seperti jalan-jalan, makan mewah, bahkan menambah fasilitas adalah prioritas hidup di zaman milenial. Padahal, Anda dan pasangan tidak akan mungkin selalu hidup di masa sekarang. Anda dan pasangan harus mempunyai program hidup agar rencana masa depan seperti memiliki rumah dapat terwujud secara sempurna.

  1. Ingat dan Fokus Terhadap Fungsi Kepemilikan Rumah yang Sesungguhnya

Tidak semua pengantin baru memiliki kehidupan yang serba berkecukupan. Faktanya, di luar sana masih banyak pengantin baru yang hidup dengan keadaan ekonomi rendah dan gaji minim. Sehingga hal demikian sangat menyulitkan mereka untuk memiliki rumah. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kehidupan berkecukupan, diharapkan agar mengingat tujuan membeli rumah yang sesungguhnya. Boleh saja memiliki rumah mewah, namun pertimbangkan keperluan lain yang dianggap lebih penting seperti kehadiran momongan dan jaminan kesehatan.

  1. Pertimbangkan ”Keberadaan” Anak

Poin ini memiliki keterkaitan dengan poin sebelumnya. Namun, poin nomor lima ini lebih berfokus kepada tempat tinggal keluarga kecil Anda nantinya. Menyewa rumah memang tidak dilarang, akan tetapi Anda dan pasangan harus memikirkan kenyamanan anak dengan memiliki rumah.

  1. Periksa Keuangan dan Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Setelah memutuskan untuk membeli rumah, Anda dan pasangan mesti melakukan pemeriksaan kembali mengenai total tabungan yang sudah terkumpul, kebutuhan apa saja yang dapat diminimalisir, dan kemana anggaran rumah tangga yang sudah disalurkan. Jika faktanya Anda dan pasangan sudah memiliki tabungan untuk membeli rumah, pikirkan mengenai kurun waktu realisasi impian Anda berdua. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memperhitungkan segala persiapan masa depan dengan baik.

Nah, itulah beberapa tips dan cara beli rumah bagi pengantin baru. Semoga tips tersebut dapat membantu Anda dan pasangan dalam membeli rumah impian. 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *